24/01/2022

On The Spot

Situs Informasi Tentang Berbagai Macam Isu dan Topik

10 Kuliner Khas Indonesia Ini Wajib Anda Cicipi

makanan

10 Kuliner Khas Indonesia Ini Wajib Anda Cicipi – Sepanjang sejarah, Indonesia telah menjadi tempat perdagangan rempah-rempah antara dua benua sehingga wilayah Indonesia memiliki keanekaragaman masakan tradisional yang sangat nikmat dan lezat di lidah.

Dari banyaknya Masakan Tradisional Indonesia ada beberapa Kuliner Paling Populer Khas Indonesia yang wajib Anda ketahui dan cicipi kelezatannya yang masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2016 yang bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Anugerah Pesona Indonesia ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap Pariwisata Indonesia. Berikut 10 Kuliner Paling Populer Khas Indonesia Yang Wajib Anda Cicipi

1. Ayam Betutu Bali, Bali

Betutu adalah lauk yang dibuat dari daging Ayam atau Bebek utuh berisi bumbu yang kemudian di panggang dalam api sekam oleh masyarakat Bali. Salah satu yang terkenal adalah Ayam Betutu di Desa Melinggih, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali.

Kuliner khas Bali ini biasanya disajikan pada kegiatan upacara keagamaan atau upacara adat Bali serta sebagai hidangan sehari-hari masyarakat Bali dan juga untuk di jual untuk masyarakat Bali lainnya atau untuk para wisatawan yang datang ke Pulau Bali. Kuliner Ayam Betutu ini biasanya di jual di hotel-hotel, rumah makan atau restoran yang banyak tersebar di wilayah Pulau Bali.

2. Ayam Taliwang Lombok, Nusa Tenggara Barat

Ayam Taliwang adalah kuliner khas masyarakat Taliwang di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Masakan ini berbahan dasar daging Ayam Taliwang yang dibakar dengan menggunakan bumbu cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah serta garam.

Ayam Taliwang biasanya disajikan bersama makanan khas lombok lainnya seperti Plecing Kangkung. Anda juga dapat menikmati kelezatan Kuliner khas Lombok yang banyak tersedia di rumah makan atau restoran khas Ayam Taliwang di seluruh Indonesia.

3. Batagor Bandung, Jawa Barat

Batagor akronim dari Baso Tahu Goreng merupakan kuliner khas kota Bandung, Jawa Barat yang mengadaptasi kuliner gaya Tionghoa-Indonesia yang keberadaannya kini sudah terkenal di seluruh Indonesia dan Mancanegara.

Secara umum, kuliner Batagor Bandung terbuat dari Tahu yang dilembutkan dan kemudian diisi dengan adonan berbahan Ikan Tenggiri dan tepung tapioka yang kemudian dibentuk menyerupai bola. Adonan tersebut kemudian digoreng dengan menggunkan minyak panas selama beberapa menit hingga matang. Variasi lainnya yaitu siomay yang digoreng dan kemudian dihidangkan bersama-sama dengan Batagor ditambah dengan bumbu kacang, kecap manis, sambal dan air perasan jeruk nipis sebagai pelengkap.

Baca Juga : Inilah 7 Wisata yang Dianggap Paling Horor di Indonesia

4. Bubur Tinutuan Manado, Sulawesi Utara

Tinutuan atau Bubur Manado adalah kuliner khas Indonesia yang berasal dari kota Manado dan Minahasa, Sulawesi Utara. Bubur Tinutuan Manado merupakan campuran dari berbagai macam jenis sayuran dan tidak mengandung daging. Makanan ini merupakan makanan pergaulan antara kelompok masyarakat Manado atau disajikan sebagai Sarapan Pagi oleh masyarakat Manado dan Minahasa.

Menurut beberapa sumber, kata Tinutuan tidak diketahui asalnya. Sejak kapan makanan ini menjadi ciri khas kuliner Manado juga tidak diketahui dengan jelas. Makanan ini mulai ramai diperdagangkan sejak tahun 1970-an.

Bagi Anda yang ingin mencicipi Kuliner Khas Manado ini dapat mengunjungi Kawasan Wakeke, Kecamatan Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara sebagai Tempat Wisata khas Kuliner Bubur Tinutuan atau di Rumah Makan dan Restoran Manado diseluruh Indonesia.

Bahan yang digunakan untuk membuat Bubur Tinutuan adalah campuran berbagai macam jenis sayuran seperti Labu Kuning yang juga disebut Sambiki, beras, singkong, bayam, kangkung, daun gedi, jagung dan kemangi.

5. Gudeg Yogya, Daerah Istimewa Yogyakarta

Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari bahan buah nangka muda yang dimasak dengan menggunakan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat kuliner ini. Warna cokelat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak secara bersamaan.

Gudeg Yogya biasanya dimakan bersamaan dengan nasi sebagai lauk yang disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur dan sambal goreng krecek.

6. Kerak Telor Betawi, DKI Jakarta

Kuliner selanjutnya yang masuk dalam Nominasi Masakan Terpopuler Khas Indonesia adalah Kerak Telor. Makanan asli dari Suku Betawi, Jakarta ini dibuat dengan menggunakan bahan dari beras ketan putih, telur ayam, ebi (udang kering yang diasinkan). Bahan-bahan ini kemudian disangrai kering dengan ditambahkan bawang merah goreng serta ditambahkan bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica, garam dan gula pasir.

Masakan asli Jakarta Kerak Telor ini biasanya disajikan pada acara-acara Adat Betawi seperti pada acara Lebaran, Pernikahan atau dijual bebas di warung-warung khas masakan Betawi.

7. Mie Titi Makasar, Sulawesi Selatan

Mie Kering Makasar adalah masakan Tionghoa Indonesia. Mie Titi Makassar ini disajikan dengan saus kental dan irisan ayam, udang, jamur, hati dan cumi. Resep mie ini pada awalnya dibuat oleh keturunan Tionghoa bernama Ang Kho Tjao. Dia membuka toko mie untuk menjual mie keringnya dan mendapatkan popularitas di Makassar sejak tahun 1970-an.

Ang Kho Tjao kemudian mewariskan resep Mie Titi nya kepada ketiga anaknya yaitu Hengky, Awa dan Titi. Setelah Ang Kho Tjao meninggal, bisnis toko mie kering dilanjutkan oleh ketiga anaknya yang secara terpisah membuka toko mie kering sendiri.

Titi yang paling populer di Makassar, Di sinilah awal nama “Mie Titi” menjadi identik dengan Mie Titi Makassar yang sangat terkenal dan populer di Makassar.

8. Pempek Palembang, Sumatera Selatan

Pempek atau Empek-Empek adalah kuliner khas Indonesia asal Palembang, Sumatera Selatan. Makanan tradisional ini terbuat dari ikan yang dihaluskan dan sagu serta beberapa komposisi lain seperti telur, bawang putih halus, penyedap rasa dan garam.

Penyajian Pempek Palembang ditemani oleh saus berwarna hitam kecokelat-cokelatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuka ini dibuat dari air yang didihkan kemudian ditambahkan dengan gula merah, udang ebi, cabe rawit tumbuk, bawang putih dan garam.

Jenis pempek yang terkenal adalah Pempek Kapal Selam yaitu telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak panas. Ada juga jenis pempek lainnya seperti Pempek Lenjer, Pempek Bulat, Pempek Kulit Ikan, Pempek Pistel dan Pempek Keriting.

Untuk Anda yang ingin mencicipi Pempek Palembang, Anda akan dengan mudah menemukannya. Makanan khas Palembang ini banyak di jual seantero Palembang serta diseluruh kota di Indonesia.

9. Soto Banjar, Kalimantan Selatan

Soto Banjar adalah soto khas Suku Banjar, Kalimantan Selatan yang terbuat dari bahan utama ayam dan beberapa harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala dan cengkeh. Soto Banjar berisi daging ayam yang telah di suwir-suwir dengan tambahan perkedel atau kentang rebus, rebusan telur dan ketupat.

Seperti halnya soto ayam, Bumbu soto banjar berupa bawang merah, bawang putih, dan merica tetapi tidak memakai kunyit. Bumbu ditumis terlebih dahulu dengan sedikit minyak goreng atau minyak samin hingga harum sebelum dimasukkan dalam kuah rebusan ayam. Rempah-rempah nantinya diangkat agar tidak ikut masuk ke dalam mangkuk sewaktu di hidangkan.

10. Tengkleng Solo, Jawa Tengah

Tengkleng adalah masakan sejenis sup dengan bahan utama daging atau jeroan atau tulang kambing yang berasal dari Solo, Jawa Tengah. Tengkleng Solo secara fisik hampir mirip dengan gulai kambing tetapi kuahnya lebih encer. Tengkleng Solo dianggap sebagai Kuliner Khas Solo yang wajib Anda cicipi kelezatannya.